Cara memperbaiki kopling vespa ngelos selip berisik dan srok

 

VespaIndonesia - Komponen utama dalam kopling vespa terdiri dari beberapa bagian, seperti: kampas, stut, plat besi, dan rumah kopling, sedangkan untuk bagian pembantunya adalah laher kopling dan bos kuningan kopling. Tentu perangkat-perangkat tersebut saling berkaitan erat dan apabila ada salah-satu dari komponen tersebut bermasalah maka berberapa permasalahan kopling seperti: ngelos, selip, berisik dan kadang terdengar bunyi srok.

                                  Prinsip dasar Kinerja Kopling

Sejatinya dalam sistem kinerja mesin, kopling berperan sebagai penyambung dan pemisah antara mesin dan tranmisi yang bekerja saat berpindahan gigi dan apabila kopling tersebut bermasalah maka beberapa kejadian seperti ngelos, selip, berisik dan bunyi srok , tidak bisa dihindarkan lagi. 
Untuk itu, dari permasalahan kopling yang sudah saya sebutkan di muka maka saya akan mambagikan tips bagaimana cara memperbaiki kampas kopling yang bermasalah, yuk simak:

    
                       Cara memperbaiki kopling vespa ngelos selip berisik dan srok


1. Kopling Ngelos/ Selip
Bagi masbro yang mengalami permasalah kopling ngelos/ selip itu terjadi karena tiga penyebab, ialah sebagai berikut:
  • Terlalu kencang saat mengencangkan tali kopling - Ciri yang paling terasa dari menarik tali kopling yang terlalu kencang adalah saat motor vespa akan diselah/ dihidupkan akan mengalami ngelos. Untuk penanganannya masbro cukup mengendorkan stelan baut yang terdapat pada bagian kabel luar kopling di bawah mesin. Silakan perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:
stelan baut

                                             
  • Kanvas kopling habis - Gejala yang seginfikan dari habisnya kanvas kopling adalah saat vespa berada dalam kecepatan tinggi. Motor vespa seakan-akan bergetar tidak seperti biasanya dan akan terasa seperti vespa sedang ditengkep kopling tengah. Untuk penanganannya masbro cukup mengganti kanvas kopling dengan yang baru. 
  • Per Kopling Sudah Lemah - Selain dua hal yang sudah disebutkan di atas, per kopling yang sudah berumur pun/ kualitasnya kurang baik (lokal) juga bisa berpengaruh pada sistem kerja kopling. Sederet kejadian ngelos kopling dikarenakan per kopling sudah lemah. 

2. Kopling Berisik
Sebetulnya kopling berisik tidak berpengaruh secara segnifikan pada sistem kinerja kopling, namun bagi sebagian orang beranggapan kalau bunyi kopling bersisik tidak begitu enak saat didengar, apalagi bagi mereka yang menggunakan bunyi knalpot adem. Untuk penanganan bunyi kopling berisik adalah sebagai berikut:
  • Laher Kruk As Bagian Dalam - Untuk mengganti laher kruk as bagian kopling, masbro harus turun mesin, namun tidak perlu memisahkan mesin dari rangkanya, cukup setengah saja.
Laher Kruk As yang Direkomendasikan

  • Bos Kuningan Aus - Kejadian bos kuningan aus memang sangat jarang terjadi apalagi bagi masbro yang sudah pakai vespa 2T seperti excel dan PX, namun jika masbro mengalaminya silakan ganti bos kuningan tersebut dengan yang baru. 
Bos Kuningan
3. Kopling Srok 
Gejala kopling srok sangat terasa saat vespa dimasukan ke gigi 1, dan efek yang dihasilan adalah motor berbunyi srok dan loncat seolah vespa sedang tidak dikopling. Cara penanganannya ialah sebagai berikut:

  • Mengganti Komponen Stut Kopling - Untuk mengganti komponen stut kopling diusahakan mengganti satu-set, dalam artian bukan hanya stut koplingnya saja melainkan dengan piringannya juga.

Stut Kopling Satu-set
Stut Kopling Saja
  • Mengganti/ Memperbaiki Rumah kopling - Faktor kopling srok lainnya adalah sudah ausnya rumah kopling untuk menyangga kanvas kopling dan dudukannya. Biasanya bunyi srok tersebut terjadi akibat tidak pasnya pada dua komponen tersebut (sudah longgar) ataupun bengkok. Untuk urusan memperbaiki rumah kopling sebaiknya masbro langsung menghubungi bengkel vespa yang biasa masbro kunjungi, sebab pengerjaan pembetulan rumah kopling harus dilas dan dibubut, dan kalau masbro tidak mau ribet dengan urusan yang satu ini, sebaiknya masbro menggantinya dengan yang baru. Perhatikan gambar di bawah ini: 
Rumah Kopling 
Seperti itulah masbro kiat dan tips cara memperbaiki kopling vespa bermasalah, semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi masbro. Terimakasih

Simak juga artikel menarik lainnya: Daftar Harga Kopling untuk Vespa Racing dan Standart