Cara Korek Vespa 150cc 2Tax Untuk Harian


VespaIndonesia - Cara korek Vespa 150cc 2T agar bisa lebih kencang-ngebut (tune-up harian), lebih gesit namun tetap irit-tidak boros akan saya kupas pada artikel ini. Vespa jenis: PX, Exclusive, Excel, Strada, dan Vespa varian lainnya, merupakan motor scooter asal Italia yang memiliki kapasitas 150cc, tentunya cc tersebut cukup kencang dibanding dengan varian motor scooter dari merk lain. Namun cc 150 yang disuguhkan Piaggio Italia tersebut ternyata belum cukup memenuhi kriteria penikmat kecepatan dalam bervespa.
Berbagai cara menaikan tenaga Vespa seperti: Tune-up, bore-up, atau stroke-up banyak dilakukan tanpa pertimbangan yang cukup matang alih-alih ingin kencang, eh malah vespa cepat rusak (korban experimen) dan kita pun merasa diporoti dalam segi keuangan karena terlalu sering mampir ke SPBU. Tentu kejadian tersebut tidak ingin menimpa masbro, bukan?
Nah dari permasalahan tersebut, kali ini saya bakal membagikan tips bagaimana cara mengkorek atau men'Tune-Up' atau apalah namanya, biar vespa masbro bisa berlari kencang untuk harian namun tetap irit dari segi bahan bakar.

                                             Cara Korek Vespa 150cc Untuk Harian      

1. Piston/ Seher
Seher yang direkomendasikan untuk korek harian adalah seher standaran, bisa itu dari merk: Vesgio, Ricambi, dan lebih bagus lagi dari merk Danmotor. Masbro tidak perlu lebay dengan mengganti seher Vespa masbro dengan seher Jepangan seperti seher Ninja/ Rx King. Inget masbro ini korek harian loh ya, bukan korek balapan kelas Tune-up ataupun FFA.

2. Sylinder Head/ Kop  
Untuk menaikan performa motor Vespa masbro, masbro harus menaikan kompresi terlebih dahulu yaitu dengan cara sedikit memangkas daging syilinder head, kurang lebih 0,5mm, gunanya agar vespa masbro hentakannya responsif. 

3. Boring Lubang 3 
Bagi masbro yang memakai Vespa Excel, Px Exclusive, Sprint, dan Strada, tidak perlu mengganti boring lagi, pergantian boring hanya berlaku bagi mereka yang masih menggunakan boring lubang dua seperti Vespa Super dan Vbb. Masbro cukup memperbesar 3 lubang tersebut yang masing-masing lubang diperbesar ukurannya kurang lebih 0,5 sampai dengan 1mm. Pembesaran lubang boring harus disesuaikan dengan ukuran seher yang masbro pakai, dan lebih baik pembesaran lubang-lubang pada boring dilakukan secara bertahap, agar mendapatkan performa yang pas. Untuk itu berhati-hatilah dalam pengerjaan di bagian ini. 

4. Lubang Exhaust/ Knalpot. 
Lubang knalpot memiliki peran penting dalam menopang performa mesin, pembesaran lubang knalpot harus mengacu pada 3 lubang yang berada pada bagian boring. Semisal begini jika lubang 3 pada boring memiliki ukuran 1 mm, maka lubang knalpot adalah 0,5mm.

5. Karburator 
Karburator yang direkomendasikan untuk korek harian vespa adalah karburator standar Vespa, acuannya adalah karburator Vespa Excel atau Exclusive. 

6. Spuyer Bensin (Mainjet) dan Spuyer Angin (Pilotjet)
Di sektor ini masbro harus sedikit memperbesar spuyer bensin dan spuyer angin. Biasanya untuk korek harian masbro cukup menggunakan Spuyer bensin ukuran 115 dan Spuyer Angin 48. 

7. Knalpot
Untuk ukuran korek vespa harian, sejauh pengalaman saya, tenaga motor akan lebih optimal jika menggunakan knalpot Original Excel yang belum dibobok (suara adem) di samping itu juga ramah lingkungan. Namun hal tersebut kembali begantung pada selera masing-masing. Jadi Knalpot original ok, knalpot racing juga not problem. 

8. Timming
Setelah proses pengerjaan di atas sudah dijalankan maka nyalakanlah vespa masbro dan gas secara perlahan dari suara rendah sampai suara tinggi sambil menyetel setelan angin di belakang karburator.

  
Nah masbro itulah cara mudah korek Vespa 150cc untuk harian yang bisa saya suguhkan kepada masbro, semoga artikel ini menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih.


Simak juga artikel lainnya: Cara Korek Vespa Smallframe Biar Lebih Ngebut dan Gahar