Sejarah Dan Spesifikasi Vespa PS Series


VespaIndonesia - Vespa masuk ke Indonesia sekitar limapuluh tahun silam, tepatnya saat vespa pertama dihibahkan pada pasukan garuda di akhir tahun 50'an. Tentu dari kurun waktu tersebut sudah banyak variannya yang 'menghiasi' jalanan di Indonesia. Mulai dari: VNB series, VBB series, VBA series, PX series, Smallframe Series dan yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu PS Series.

PS series pertama kali diproduksi pada tahun 1978, dan tahukah masbro kalau PS Series ini merupakan hasil murni karya PT Dan Motor Indonesia yang menjadikan PT Dan Motor Indonesia sebagai top 5 produsen Vespa yang dinaungi oleh Piaggio License setelah negara Amerika, India dan Taiwan. Jadi bagi masbro yang sudah memiliki Series PS bisa cukup berbangga dengan hal tersebut.

Desain yang unik, utamanya di bagian Bodi dan kaki-kaki, menjadikan PS series sebagai varian baru di zamannya, penciptaan desain yang unik tersebut bukan tanpa alasan, menurut beberapa sumber menyatakan: kalau PS Series sengaja diciptakan dan didesain untuk kaum hawa, maka masbro jangan heran kalau Vespa jenis ini mengaplikasikan desain bodi PX namun di sektor kaki-kaki tetap menggunakan velg ring 8, hal ini bertujuan agar bisa menyesuai dengan tinggi tubuh kaum hawa.  

Di bagian lampu-lampu (headlamp dan stoplamp) PS Series pertama mengaplikasikan lampu kotak yang sedikit berbeda bentuknya dengan varian seperti Vespa Super dan PX, pengaplikasian lampu kotak pada series ini bukan tanpa alasan; berdasarkan pengalaman dan survey vespa terdahulunya, kalau pada tahun-tahun tersebut lampu kotak dianggap lebih modern dibanding dengan lampu yang berbentuk/ berdesain bulat.    



                                                   Foto dan Spesifikasi Singkat PS Series



- P150S 6volt kepala kotak tanpa lampu sein, diproduksi 1978 - 1983 sistem pengapian jenis platina, tanpa kunci kontak.



- P150S kepala kotak menggunakan lampu sein, diproduksi pada tahun 1978- 1983, sistem pengapian platina, kunci kontak di atas batok.




P150S SERA mengunakan lampu sein, diproduksi pada tahun 1983, 1984, 1986, dan 1987.

  • Pada umumnya PS yang diproduksi pada tahun 1983 dan 1984 masih menggunakan spidometer bulat, namun ada juga yg sudah menggunakan spidometer berbentuk ouval yang diproduksi pada tahun 1985 1986 dan 1987, dengan sistem pengapian platina, kunci kontak yang sudah menyatu dengan kunci stang.


- P150S strada tanpa sen diproduksi pada tahun 1983-1984 dan 1986-1987, sistem pengapian jenis platina, menggunakan spidometer berbentuk bulat, kunci kontak sudah menyatu dengan kunci stang.




- P150SE strada II tanpa sen diproduksi pada tahun 1986, 1987 dan 1988, sistem pengapian CDI, menggunakan spido bulat, dan kopling besar (7)




- P150SE SERA II menggunakan SEN diproduksi pada tahun 1986-1988, sistem pengapian CDI, belum AOM, spidometer berbentuk oval, dan kopling besar (7)




- P150SE strada dengan lampu SEN, AOM, diproduksi pada tahun 1986 dan 1987 (90'an awal)




- P150SE strada II, AOM II, sistem pengapian jenis CDI, ini meruapakan series PS terakhir dan menurut beberapa sumber menyatakan kalau pada series PS strada II ini sudah menggunakan magnet seperti excel dan 'krengkes' yang sudah berlubang. 

Demikianlah artikel preihal vespa PS series dari saya yang bisa disuguhkan untuk masbro, bilapun ada kekurangannya saya haturkan maaf, terimakasih sudah berkunjung ke blog Vespa Indonesia.